Prosedur Umum Membeli Asuransi Mobil


Sudahkah Anda berusaha melindungi keuangan anda jika terjadi resiko terhadap mobil Anda? Jika belum, sebaiknya pertimbangkanlah untuk membeli asuransi mobil. Alasannya? Dengan membeli asuransi mobil, saat resiko terjadi, perusahaan asuransi yang akan men-cover kerugian anda. adapun prosedur membeli asuransi mobil adalah sebagai berikut:



Kumpulkan informasi perusahaan
Sebaiknya Anda kumpulkan terlebih dahulu informasi dari beberapa perusahaan, seperti reputasi perusahaan tersebut. Hal ini bisa dilihat dari lamanya perusahaan tersebut berdiri, pelayanan optimal yang diberikan kepada setiap nasabahnya, kekuatan finansial perusahaan, atau pandangan masyarakat pada perusahaan tersebut.. Contoh perusahaan yang top yaitu Astra Buana, Sinar Mas, Allianz, dll. Setelah itu, ketahui secara detil dan jelas informasi mengenai premi yang ditawarkan perusahaan, perlindungan atau paket asuransi mobilnya, serta bengkel-bengkel rekanan perusahaan.
Lengkapi dokumen

Untuk mendapatkan polis asuransi mobil, tentunya Anda harus melengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen yang telah ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dokumen tersebut seperti:
Formulir pendaftaran

Foto copy KTP atau SIM (yang masih berlaku)
Foto copy STNK (yang masih berlaku)
Dokumen lain yang mengacu pada jenis perlindungan yang dipilih
Pahami dan sepakati isi polis

Untuk mendapatkan polis asuransi mobil tentunya harus terlebih dahulu adanya kesepakatan antara perusahaan asuransi dengan Anda (nasabah). Kesepakatan tersebut tertuang dalam polis asuransi mobil, yang berupa besarnya premi yang harus dibayar, cara klaim yag disyaratkan perusahaan, ketentuan dan kebijakan yang harus dipatuhi oleh nasabah, dll. Pastikan tak ada satu poin pun yang tidak anda pahami karena hal itu akan menyulitkan anda sendiri nantinya.
Lakukan pembayaran premi

Prosedur terakhir adalah melakukan pembayaran premi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya besar kecilnya premi yang Anda bayar tergantung dengan banyak tidaknya jaminan perluasan yang Anda tambahkan. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk pembayaran premi yaitu dengan datang langsung pada perusahaan asuransi atau dengan melalui transfer bank.

sumber :www.asuransi-mobil.org/prosedur-umum-membeli-asuransi-mobil

Subscribe to receive free email updates: